TIPS PRAKTIS MENGGANTI BAN LUAR BELAKANG PADA MOTOR METIC

 TIPS PRAKTIS MENGGANTI BAN LUAR BELAKANG PADA MOTOR METIC



menarik untuk dilihat ;  cara mudah mengganti bagian busi pada sepeda motor jenis matick
                                       :https://ilmucoro.blogspot.com/





Assalamualaikum warohmatulah wabbarakatuh.

selamat datang dan berjumpa lagi dengan kami, alhamdulilah puji syukur kami dapat menyapa serta untuk memberikan informasi yang inofative dan inspirative seputar dunia outomotive sepeda motor, adapun untuk perjumpaan kita kali ini yang dengan penuh bahagia akan memberikan informasi mengenai tips praktis mengganti ban luar bagian belakang untuk matic tanpa harus melepas pelek dan untuk lebih jelas tentang topik ini berikut informasi dalam versi kami.


baca juga : cara praktis untuk mengganti ban dalam bagian roda belakang pada sepeda motor.

Dalam proses mengganti ban dalam terutama untuk bagian luar dan untuk belakang pada matic terutama pada jenis mio, beat serta vario yang mempunyai sok beker bagian belakang satu memang terkadang membutuhkan waktu lama di tambah lagi apabila di bengkel tersebut sedang dalam kondisi yang ramai atau banyak konsumen. Hal itu membuat kita akan mengalami atau membutuhkan waktu untuk mengantri atau menunggu giliran, padahal kebanyakan dari masyarakat kita apabila di suruh untuk mengantri banyak yang merasa sungkan, bingung serta banyak keluhan lainya. sebenarnya mengenai soal mengganti ban baik dalam maupun untuk ban luar kita dapat memasang sendiri di rumah tanpa harus mengantri di bengkel atau tukang jasa tambal ban serta dengan tekhnik yang cepat dan mudah yaitu tanpa harus melepas pelek roda dari tempatnya, adapun untuk tips tips dalam mengganti ban luar belakang yang cepat dan praktis berikut kami akan informasikan adalah sebagai berikut.

pertama yang harus di siapkan adalah alat alat yang biasa di gunakan di antaranya adalah:

A. Kunci no 12.
B. Kunci T no 14.
C. Alat congkel atau obeng min.
D. Pompa.
E. Alat pembuka sentil dop atau tutup yang bisa buka.

Berikutnya cara cara dan tekhniknya antara lain.

A. Membuka baud knalpot.
Pertama yang harus di lakukan membuka baud knalpot yang menempel pada sasis bagian atas dan bawah dengan memakai kunci no 14.

B. Memijat atau mencongkel ban luar.
Pemijatan atau menekan ban luar sebaiknya dilakukan secara berurutan, hal ini bertujuan agar ban luar yang menempel pada pelek bisa terlepas sehingga nantinya pada saat proses membuka atau mencongkel ban luar tidak mengalami kesulitan. Dan untuk memijat atau menekan dengan tangan kita terdapat kesusahan anda dapat manfaatkan alat congkel atau obeng min dengan memasukan kesela sela ban pelek kemudian sambil di tarik kebelakang stang congkel atau obeng min tersebut.

C. Proses membuka atau mencongkel ban.
Untuk proses pencongkelan sebaiknya di lakukan apabila telah di dapati pada ban luar sudah kebuka dari peleknya, adapun dalam proses pencongkelan ini harus di lakukan dari sebelah kanan kita atau bagian sela sela kenalpot dengan ban atau pelek dengan cara memasukan congkel satu akan jangan terlalu dalam cukup kira kura menempel bagian tepi pinggir pelek kemudian menekan kebawah setelah dapat membuka lalu congkel jangan di lepaskan tahan dengan tangan kiri, kemudian tangan kanan mengambil congkel satunya lalu memasukan ke sela sela ban dan pelek apabila sudah masuk tekan kebawah selanjutnya apabila sudah dapat membuka ban kemudian tahan serta lepaskan congkel yang di tahan tangan kiri dan mengambil congkel tersebut dan tangan kiri gantian menahan congkel sedang di tahan tangan kanan apabila sudah gantian menahan kemudian tangan kanan mengambil congkel yang tadi di lepas oleh tangan kiri, lalu masukan lagi congkel tersebut dengan tangan kanan. Seperti itu lalau berlanjut hingga ban luar kebukak semua.

D. Membuka atau melepas ban luar dari bagian pelek.
Setelah bagian ban luar sudah kebuka lakukanlah pengambilan ban dalam, selanjutnya melepas ban luar dari pelek adapun caranya dengan memasukan congkel sebelah kiri kita terhadap sela sela ban masih menempal pada pelek, apabila congkel sudah dapat masuk lalu dorong congkel kedepan serta tahan menggunakan tangan kiri kemudian tangan kanan memasukan congkel satunya  kemudian dorong kedepan dan tahan lalu tangan  kiri melapas dan mengambil congkel yang tadi di tahan selanjutnya tangan kiri giliran atau gantian menahan yang sedang ditahan tangan kanan setelah sudah bergantian memegang tangan kanan memasukan congkel yang sudah di lepas dan lakukan seperti ini sampai ban terlepas serta dapat di ambil.

E. Pengambilan ban luar.
Apabila ban luar sudah terlepas dari pelek berikutnya proses pengambilan ban luar adapun caranya menarik ke belakang ban tersebut sampai keluar melalui sela sela pelek dengan kenalpot  apabila terdapat kesulitan anda dapat memasukan kunci T 14 ke dalam lubang knalpot dan membenggang keluar dan tahan melalu tangan kanan dan tangan kiri menarik ban luar untuk bisa keluar.

F. Pemasangan ban luar yang baru.
Pemasangan ban luar yang baru dengan memasukan ban yang baru melalu sisi kanan bagian antara pelek serta knalpot kemudian sisi sebelah ban luar tersebut tempelkan terhadap pelek lalu kakukan pencongkelan kembali dan untuk proses ini cenderung lebih mudah dan cukup menggunankan satu congkel.

baca juga : cara praktis dalam mengganti ban dalam bagian depan pada sepeda motor

Adapun untuk proses pemasangan ban dalem anda bisa membaca yang telah kami sampaikan sebelumnya atau perjumpaan kita sebelumnya.

Mungkin hanya ini yang dapat kami informasikan kepada semuanya, semoga mudah di pahami serta nantinya dapat bermanfaat dan berguna. Apabila ada salah kata kami mohon maaf sebanyak banyaknya sampai jumpa dan bertemu lagi sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel