TIPS TIPS MENGATASI RANTAI SEPEDA MOTOR KENDOR ATAU MULUR


 TIPS TIPS MENGATASI RANTAI SEPEDA MOTOR KENDOR ATAU MULUR




menarik untuk dilihat ;  cara mudah mengganti bagian busi pada sepeda motor jenis matick
                                       :https://ilmucoro.blogspot.com/




Assalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh 

Selamat berjumpa kembali bersama kami. Alhamdulilah puji syukur yang telah di berikan sehingga kami dengan penuh bahagia dapat menjumpai dan menyapa semuanya untuk memberikan informasi serta pengetahuan yang inspiratif, inovatif seputar dunia outomotive pada sepeda motor. Untuk perjumpaan kita saat ini kami akan mempersembahkan informasi mengenai tips tips mengatasi rantai sepeda motor kendor atau mulur. Agar lebih jelas atas materi pembahasanya adalah sebagai berikut.

baca juga : tanda tanda accu sepeda motor mulai ngedrop.

Pada sebuah sepeda motor yang mengalami bagaian rantai mulur atau mengendor sebaiknya cepat di tangani serta di perbaiki, sebab apabila di biarkan berlarut larut biasanya dapat menimbulkan efek terhadap rantai itu sendiri dan tentunya juga akan merembet kepada bagianya seperti diantarnya terhadap geer membuat mudah lancip atau meruncig serta dapat membuat rantai sendiri tidak center dalam bekerjanya di tamabah lagi mengurangi performa sepeda motor apabila di tanjakan akibat lancip geer serta mulurnya menjadikan hubungan keduanya menjadi renggang atau tidak sinkron dan yang lebih parah lagi menimbulkan rantai putus serta gigi pada geer patah. Oleh karena apabila kita mendapati kasus yang seperti itu terhadap sepeda motornya, lebih baik cepat di perbaiki atau segera ditangani dan kalau kita mau untuk mengatasi kasus tersebut dapat di lakukan sendiri dirumah adapun untuk cara dalam mengatasi rantai kendor atau mulur berikut informasinya dari versi kami:

Persiapkanlah alat alat yang di gunakan diantaranya adalah:

A. Kunci no 14.
B. Kunci no 17 atau no 19.
C. Kunci T 10 atau T 12.
D. Pelumas rante.
E. Kunci ringpas 12.

Setelah alat alat yang biasa digunakan sudah tersedia dan siap berikutnya cara mengatasi rantai kendor atau mulur pada sepeda motor.

A. Kendorkan mur pada as roda belakang, dengan memakai kunci no 14 bersama kunci no 17 atau 19. Biasanya untuk setiap sepeda motor pada baud asnya untuk kuncinya berbeda beda, tinggal di sesuaikan saja caranya dengan bersama mengendorkan antara sebelah kanan serta sebelah kiri dengan menekan yang sebelah kiri di tarik keatas dan sebelah kanan di tekan ke bawah.


B. Menyetel bagian spaner terhadap rantai.
Setelah mur pada bagian as ban kendor kemudian langkah selanjutnya mengencangkan spaner yang terletak di bagian bawah sok beker belakang serta menempel pada bagian as samping kanan dan kiri. Adapun dalam proses mengencangkan spaner sambil melihat tingkat kekecangan rantai usahakan dalam menyetel rantai tidak terlalu kencang agar nantinya tidak membuat rantai berbunyi serta tidak terlalu kencang, serta juga sambil melihat jarak ban antara lobang yang kanan dan kiri yang terletak diantara sasis harus seimbang dan center sehingga nantinya pada di kendarai tidak ngobel atau ngegol. Dan dalam proses penyetelan spaner sebaiknya sambil memutar mutarkan roda sehingga dapat mengecek apakah ban tersebut ngobel atau ngogel atau sudah tidak.

C. Pengencengan atau mengencangkan mur pada as roda.
Apabila proses penyetelan selesai berikutnya adalah mengencang mur pada as roda, dalam proses ini juga jangan lupa sambil memutarkan
mutarkan roda serta mengecek tingkat kekencangan rantai apabila kira kira sudah bagus kondisinya antara rantai dan roda sinkron maka proses penyetelan spaner terhadap rantai bearti berhasil namun apabila antara keduanya tidak sinkron maka ulangi lagi proses penyetelan spaner terhadap rantai sampai benar benar sinkron atau tidak di temukan masalah lagi.

D. Pelumasan pada rantai.
Dan tahap ini tahap terakhir yaitu tahap pelumasan rantai akan pada tahap ini bermanfaat sekali, di karenakan dengan kita memberi pelumas pada rantai nantinya pada saat roda berputar dan terjadinya proses gesekan antara bagian rantai dan geer dengan adanya pelumas itu membuat gesekan tersebut lancar tidak ada hambatan serta tidak ada goresan serta juga untuk proses pelumasan rantai sebaiknya juga dianjurkan dilakukan secara rutin dan teratur hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko rantai mudah mulur atau kendor.


baca juga : merawat serta menjaga  agar tahan lama dan awet pada motor.

Sekiranya hanya itulah yang dapat kami informasikan dan kami berikan untuk perjumpaan kita saat ini, apabila ada kata kata yang kurang berkenan, kami selaku penulis mohon maaf yang sebesar besar. Sampai jumpa dan bertemu lagi sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel