TEKHNIK MEMBUKA BAN PADA SEPEDA MOTOR


 TEKHNIK MEMBUKA BAN  PADA SEPEDA MOTOR


menarik untuk dilihat ;  cara mudah mengganti bagian busi pada sepeda motor jenis matick
                                       :https://ilmucoro.blogspot.com/




Assalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.

Berjumpa dan bertemu lagi dengan kami. alhamdulilah puja dan puji syukur kami dengan rasa bahagia dapat menyapa semua dan juga dapat memberikan pengetahuan serta menambah wawasan seputar dunia outomotive pada sepeda motor yang inspiratif, adapun untuk informasi yang akan kami berikan adalah mengenai tekhnik membuka ban pada sepeda motor dan untuk lebih jelasnya berikut informasi dari versi kami:

baca juga :  asal usul motor honda pitung atau c70

Membuka atau mengganti ban pada sebuah sepeda merupakan sesuatu yang kelihatannya mudah dan gampang, namun sebenarnya siapa sangka di balik itu semua dalam membuka dan mengganti ban pada sepeda motor memerlukan keahlian khusus yang mempunyai tehknik tekhnik tertentu yang harus di pahami serta di kuasai supaya tidak sampai melukai dari pada ban dalam di dalam sebuah ban sepeda motor.  Sebab kalau sampai ban dalam terkena congkel atau stang congkel dapat menimbulkan ke parahan atau menambah luka dari ban dalam tersebut. Karena resiko inilah yang membuat banyak orang yang tidak berani mencoba serta berusaha untuk membuka ban sendiri apabila mengalami bocor ban atau kebanan sehingga tidak sedikit yang mempercayakan terhadap tukang tambal ban. Dan agar kita lebih tahu tentang tekhnik membuka ban apabila terjadi bocor atau kebanan dan jauh dari tukang tambal ban berikut informasi dari kami.

Menyiapkan dan menyedikan alat alat yang di butuhkan.

A. Alat congkel atau kalo tidak ada siapkan obeng min yang agak panjang 2 buah.

B. Kunci dengan no 12.

C. Kunci untuk membuka sentil pada dop atau bunglon yang terdapat pada ban dalam, atau biasanya pada tutup bunglon untuk jenis atau merek ban tertentu ada yang di buat atau di dasain yang dapat di buat untuk membuka sentil dop.

D. Kunci no 14 dengan kunci no 17, atau kunci inggris. apabila akan untuk mencopot ban dari sebuah sepeda motor.

Apabila semua alat yang di butuhkan atau akan di gunakan selanjutnya tekhnik teknik dalam membuka ban berikut untuk langkah langkahnya

1. membuka bagian pentil dengan menggunakan kunci pembuka sentil dop atau dengan menggunakan tutup yang terdapat alat pembukanya.

2. membuka atau mengendoni mur pada dop ban dalam dengan memakai kunci dengan no 12.

3. memijat mijat atau menekan nekan pada bagian ban luar, hal ini bertujuan agar ban luar yang melekat pada pelek dapat terlepas dan mengendor sehingga congkel dapat masuk kebagian ban luar.

4. langkah berikutnya adalah proses pencongkelan atau membuka agar dapat mengambil bagian sebuah ban dalam, dengan menggunakan congkel atau obeng min, dan untuk apabila obeng min masih lurus terlebih dahulu agak di lengkungkan  supaya nanti dapat menyantel pada bagian pelek dapaun untuk caraanya yaitu dengan cara memasukan congkel atau stang obeng yang sudah melengkung terhadap ban luar serta usahan sampai menyangkut pelek setelah kira kira sudah nyantel atau nyangkut terhadap pelek selanjutnya tarik kebawah dengan ekstra kuat, di karenakan biasanya pencongkelan pertama akan mengalami kesulitan apalagi kalau pada ban dalem dalam kondisi melipat harus lebih kuat dalam menarik kebawah congkel tersebut juga kita harus pastikan untuk congkel menempel pada pelek dengan menempelkan pucuk atau ujung congkel terhadapa bagian lingir bagian dalam pelek. untuk selanjutnya lakukan pencongkelan kedua kalinya pada yang kedua ini biasanya cenderung lebih ringan, lakukan seperti langkah pertama dengan cara tekhnik sama, dan pencongkelan untuk seterusnya secara berulang ulang hingga semua bagian ban luar untuk lingkaranya terbuka.

5. pengambilan untuk ban dalem.
setelah semua langkah dilakukan dan untuk ban luar sudah terbuka langkah atau tekhnik terahir melakukan pengambilan ban dalem pada sebuah sepeda motor, dengan cara mengambil secara urut dari mulai bagian yang dapat di tarik dengan mudah hingga semua bagian ban dalem dapt di ambil.


baca juga : sejarah sang petualang yamaha rx king.

mungkin hanya ini informasi atau tekhnik dalam membuka ban pada sebuah sepeda motor, semoga yang sedikit ini dapat dengan mudah di pahami sehingga dapat di praktekan oleh semuanya sekian dari kami dan sampai jumpa dan bertemu lagi dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel