PROSES DAN CARA MENAMBAL YANG AWET SERTA KUAT

 PROSES DAN CARA MENAMBAL YANG AWET SERTA KUAT



menarik untuk dilihat ;  cara mudah mengganti bagian busi pada sepeda motor jenis matick
                                       :https://ilmucoro.blogspot.com/




Assalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.

Selamat datang dan berjumpa lagi dengan kami, alhamdulilah puji syukur kami dapat menyapa dan menjumpai semuanya, tentunya untuk memberikan informasi yang inovatif serta inspiratif seputar dunia outomotive sepeda motor. Pada pertemuan serta perrjumpaan kita kali ini, kami dengan penuh bahagia akan memberikan informasi yang berkaitan dengan proses dan cara menambal yang awet serta kuat. Adapun untuk lebih jelas dan lebih dalam lagi berikut pembahasan dalam versi kami.

baca juga : tekhnik dan metode dalam memasang ban  pada sebuah sepeda motor.

Menambal ban bocor adalah merupakan salah satu metode atau cara dan usaha untuk dapat menggunakan kembali ban dalam yang mengalami bocor ban, cara tersebut adalah cara yang lebih mengacu terhadap tingkat kehematan atau cara ekonomis dalam solusi alternatif menghadapi ban yang bocor, di samping cara atau metode menambal ban sebenarnya ada juga cara lain yaitu dengan mengganti ban yang mengalami kebocoran menggunakan yang baru. Namun untuk mengganti yang baru biasanya harus mengeluarkan ongkos atau biaya yang lebih mahal, adapun untuk harga ban baru biasanya berbeda beda tergantung jenis dan merek ban dalam tersebut. Dan dengan adanya ini semua menjadikan pada kebanyakan masyarakat biasanya lebih memilih cara ataupun metode alternatif dengan menambal ban dalam yang mengalami kebocoran tersebut, dengan alasan yang lebih ekonomis dan lebih hemat. Dan berikut kami informasikan tekhnik dan cara menambal ban agar nantinya dapat di praktekan serta dapat menambah pengetahuan semuanya.

Menyiapkan alat alat yang di gunakan untuk menambal ban diantaranya.

A. Gergaji besi.
B. Karet tambal ban.
C. Alat untuk menambal baik berupa alat tambal bakar maupun alat yang menggunakan listrik.
D. Sebuah pipa besi yang pendek.
E. Kunci untuk membuka dan memasang sentil pentil.
F. Paku kecil atau satu batang korek kayu dan lainya.
G. Pompa sut atau lainya.
H. Kain atau lap.
I. Spirtus secukupnya.

Apabila alat yang di gunakan menambal lengkap berikutnya adalah cara dan tekhnik menambal ban untuk caranya adalah sebagai berikut.

A. mengisi tekanan angin terhadap ban dalam yang mengalami kebocoran kemudian merambang atau mengecek dengan cara memasukan ban dalam yang sudah di pompa atau di beri tekanan angin ke dalam bak atau ember yang sudah di beri air kemudian melihat posisi  atau letak yang mengalami kebocoran tersebut, apabila sudah di temukan selanjutnya di beri tanda memakai paku kecil atau satu batang korek kayu. Setelah itu di kempesin lagi. Dan umumnya pada ban dalam yang mengalami kebocoran, apabila bocornya kecil dapat di pompa atau di beri tekanan angin namun jika kondisi lubang bocor besar serta lebar cenderung tidak bisa di pompa atau di beri tekanan angin.

B. Pengelapan pada titik kebocoran.
Setelah titik kebocoran di ketemukan serta di tandai langjah selanjutnya adalah mengelap titik kebocoran dengan kain, hal ini bertujuan agar pada saat proses pengerokan lebih mudah.

C. Pengerokan.
Dan dalam pengerokan sebaikannya tidak menekan supaya ridak menambah lubang kebocoran, lakukan pengerokan dengan menggunakan gergaji besi serta usahakan dengan mengambang serta dengan satu arah jangan bolak balik. Sebab dalam pengerokan bolak balik akan dapat menyebabkan luka baru terhadap ban dalam tersebut. Dan apabila permukaan titik bocor sedah berserat atau tidak alus tempelkan karet tambal sambil menekan nekan agar lebih lengket menempel untuk karet tambal tersebut.

D. Pembakaran atau pemanasan tambalan.
Apabila pengerokan dan karet tambal sudah benar benar rekat menempelnya berikutnya adalah proses pembakaran atau pemanasan tambalan untuk dalam proses ini bisa memakai alat tambal bakar maupun alat tambal listrik. Untuk pemanasan lewat listrik biasanya tidak berlangsung lama akan tetapi kalau memakai alat bakar spirtus membutuhkan waktu sekitar 15 menit  dan juga harus sambil di siram air agar nantinya tidak meteng atau gosong ban dalam yang di tambal tersebut.


baca juga : tekhnik membuka ban pada sepeda motor

Begitulah tadi urutan atau langkah dalam proses menambal ban. Semoga bermanfaat dan berguna ke pada semuanya sekian dari kami sampai jumpa dan bertemu lagi. Dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel