METODE MENJAGA MESIN TETAP AWET DAN TAHAN LAMA

 METODE MENJAGA MESIN TETAP AWET DAN TAHAN LAMA



menarik untuk dilihat ;  cara mudah mengganti bagian busi pada sepeda motor jenis matick
                                       :https://ilmucoro.blogspot.com/





Assalamuallaikum warrohmatulah wabbarakatuh.

Selamat datang dan berjumpa lagi dengan kami, puji syukur kami dapat menyapa semuanya dan kami sebagai penulis dengan penuh bahagia pada pertemuan kita kali akan memberikan informasi yang berkaitan tentang automotif pada sepeda motor, untuk pertemuan ini kami akan mengangkat topik tentang hal hal yang harus di perhatikan metode menjaga mesin tetap awet dan tahan lama  dan untuk lebih tentang topik ini berikut penjelasan dan pembahasan dari kami:

baca juga :  tekhnik merawat ban sepeda motor agar tidak bantat atau kaku l

Sepeda motor yang awet dan tahan memang tidak mudah dan tidak segampang yang biyangkan, untuk bisa mendapatkan motor awet dan lama perlu adanya ekstra dalam hal perawatan untuk mendapatkan ini semua, dalam merawat motor memang banyak hal yang harus  di perhatikan baik dalam bentuk waktu maupun tentunya juga memerlukan biaya atau keuangan. Dan untuk hal hal yang harus di perhatikan dalam merawat motor agar awet dan tahan lama berikut informasinya :

A. Rutin mengganti oil mesin.
Pada oil mesin merupakan hal paling pokok pada mesin dan juga termasuk untuk sepeda motor, maka dari itulah membiasakan dengan rutin untuk mengganti  oil pada mesin sesuai penggunaan. Dalam urusan ganti oil mesin yang lebih efektif sebaiknya sesuai penggunakan kira kira kurang lebih sekitar 1000 km tidak memakai acuan bulan. Dan juga pada sebuah sepeda motor henis matic selain oil pada mesin juga terdapat oil untuk gardan. Sedangkan untuk sepeda motor jenis 2 tak terdapat pula oil samping. Dan dari semua jenis oil yang terdapat sebuah sepeda motor tetap harus dilakukan pergantian secara rutin.

B. Rutin menservice karbulator.
Dengan membiasakan untuk merutinkan kabulator menyervice dan membersihkannya memiliki manfaat pada performa sepeda motor selalu prima. Akan tetapi di sarankan dalam melakukan service dan pembersihan karbulator jangan terlalu sering karena tidak baik serta mengurangi performa pada sepeda motor serta efek efek lainya.

C. Mengecek bagian accu pada sepeda mator.
Tentang bagian accu pada sebuah motor juga memiliki peranan yang penting, karena merupakan sumber pengapian atau kelistrikan yang menyuplai pada mesin juga terhadap bagian lainya, apabila terjadi masalah pada bagian accu biasanya juga akan menimbulkan efek bagian lainya. Maka dari itu untuk yang menggunakan accu jenis basah lakukan pengontrolan dan mengganti air accu secara teratur, agar kondisi accu pada sebuah motor tetap dalam kondisi yang maksimal dan tahan lama.

D. Bagian perpak mesin sepeda motor.
Masalah perpak yang rusak atau ngrembes oleh kebanyakan masyarakat selalu di sepelekan serta cenderung tidak di perhatikan namun sebenarnya pada sebuah sepeda motor yang perpaknya sudah ruak dan ngrembes klau di biarin sampai menetes oilnya yang terjadi bisa membuat oil pada mesin habis dapat menuju ke bagian seher gancet karuna tidak ada oil yang melumasinya juga dapat merembet ngrembes ke bagian lainya.

E. Mengecek bagian minyak rem pada jenis cakram.
Agar merawat dan mendapatkan pengereman yang lebih optimal serta merawat kondisi cakram,
Awet bagus hal yang harus di lakukan dengan mengganti minyak jangan sampai kehabisan. Apabila sampai kehabisan minyak rem dapat membuat kampas tidak maksimal dalam bekerja sehingga menjadikan rem blong dan membahayakan semuanya.

F. Pada bagian kampas rem.
Selain minyak rem, kampas juga tidak kalah penting dalam memaksimalkan rem. Apalagi terhadap rem jenis cakram, membiarkan, mamaksa menggunakan kampas yang sudah tipis juga dapat menimbulkan pengereman tidak maksimal membuat gesekan yang parah antara cakram dan kampas akhirnya membuat luka pada cakram atau merusak cakram.

G. Membiasakan menetralkan gigi pada saat parkir.
Yang biasa terjadi para pengguna atau pemilik kendaraan bermotor kurang memperhatikan faktor ini dan kebanyakan dari mereka dalam memarkirkan motor masih dalam keaadaan gigi masuk. Sebenarnya pada saat sepeda motor di parkir gigi dalam bertujuan untuk mengendokan atau menetralkan rante supaya tidak menarik dan mengencang.  Sehingga rante tidak mudah dan tidak cepat mulur atau memanjang, dan untuk yang pada rante yang mulur atau memanjang dapat membuat geer mudah lancip atau meruncing, adapun untuk rante mulur serta geer lancip mengakibatkan performa pada sepeda motor berkurang dan tidak maksimal.

H. Menutup pada bagaian body dan yan lain menggunakan skotlet.
Untuk melindungi pada bagian body serta bagian lain serta menjaganya tetap awet mulus tahan lama, sebaiknya melakukan proses penutupan deng memakai atau menggunakan skotlet, dan di sesuaikan dengan selera keinginan. Pada langkah ini sangat efektif untuk melindungi sepeda motor dari goresan goresan .

I. Hindari mengotak atik pada sepeda motor.
Kebiasaan yang buruk pada sekarang ini yang terjadi pada masyarakat utamanya pada kalangan muda mudi adalah mengotak ngatik sebuah sepeda motor. Padahal perlu di ketahui pada sebuah sepeda motor yang  sudah di otak atik dengan sedemikian rupa biasanya untuk dapat di standarkan atau di pulihkan sesuai dengan keluaran pabriknya dapat di pastikan tidak bisa. Oleh karena itulah hindari mengotak ngatik sepeda motor agar tetap awet dan tahan lama.

Dan dari semua pembahasan yang telah kami informasikan untuk dapat menjaga dan merawat pafa sepeda  motor awet dan tahan lama, sebaiknya rutin mengontrol  apabila mendapati masalah atau ada yang kurang pas segera melakukan perbaikan perbaikan dan jangan menunda nunda agar tidak sampai merambat ke bagianya lainya.

baca juga : kelebihan dan kelemahan untuk setingan irit bbm.

Demikian inilah yang dapat kami berikan semoga mudah di pahami dan nanti dapat membawa manfaat serta kegunaan pada semua, kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebanyak banyaknya sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel